You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Tumbuh Pesat di Bisnis Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tumbuh 10 persen dibanding tahun 2012. Begitu pula dengan kenaikan perjalanan oleh wisatawan domestik juga tumbuh sebesar 10 persen. Perjalanan wisatawan nasional ini tumbuh seiring meningkatnya kelas menengah di Indonesia. Dengan peluang tumbuh sebesar ini maka bisnis di sektor pariwisata juga akan meningkat.
Panorama Group / Panorama Sentrawisata (PANR) merupakan perusahaan yang khusus bergerak di bidang pariwisata. Usaha perseroan terbagi menjadi tiga sektor yaitu Pariwisata, Transportasi dan Hospitality. Pendapatan perusahaan sebagian besar disumbang oleh sektor pariwisata. Untuk tahun 2013, pendapatan total adalah 1694 Miliar naik dari 1547 Miliar dan sektor pariwisata berkontribusi sebesar 88 persen dari pendapatan perusahaan. Sisanya dari sektor transportasi. Untuk sektor Hospitality belum masuk karena perusahaan mulai beroperasi tahun 2014. Laba perseroan tumbuh 22 persen dibanding tahun 2012. Selama lima tahun terakhir laba per saham perusahaan mengalami pertumbuhan dengan cummulative growth diatas 20%.

 

Inbound service, bahasa keren dari travel yang membuat paket wisata dan sebagai tour operator  merupakan salah satu pilar perusahaan. Banyak paket wisata yang dilayani seperti paket wisata round trip, adventure, ataupun paket khusus sesuai pesanan pelanggan.Kontribusi. Untuk inbound service menyumbangkan 290 M atau 17 persen dari pendapatan perusahaan. Memang paket wisata yang dioperasikan perusahaan masih terbatas di tujuan wisata terkenal di Indonesia di jawa, bali, lombok, sumatera, sulawesi dan irian.
Outbound service  merupakan layanan perusahaan untuk penjualan paket wisata domestik / internasional, pemesanan tiket pesawat, voucher hotel, pengurusan dokumen, termasuk di dalamnya bisnis waralaba Panorama. Jasa ini menyumbangkan pendapatan terbesar yaitu 1203 Miliar atau 71% persen.
Pilar Transportasi menyumbangkan setidaknya 10,9% pendapatan perusahaan. Siapa yang tidak kenal brand White Horse atau Daytrans? Sekarang layanan perusahaan tidak saja bus travel saja namun sudah merambah pada transportasi umum seperti taxi White Horse dan kendaraan travel antar kota seperti Daytrans untuk rute Jakarta-Bandung, dan Joglosemar di Jawa Tengah & Yogyakarta.
Untuk media, panorama melayani jasa meeting, conference, majalah, event organizer yang merupakan pendukung dari kegiatan bisnis panorama yang lain. Sektor ini menyumbang 10 Miliar atau kurang dari 1 persen.
Bisnis Hospitality mulai di kembangkan dengan menggandeng Carlson Rezidor group dengan brand Radisson dan Park Inn  pada tahun 2013. Untuk tahun 2014 diharapkan perusahaan dapat mulai mengoperasikan hotel di Batam, Makassar, Lampung, Jakarta dan Bali. Meski belum memberikan sumbangan pendapatan yang signifikan tahun 2013, diharapkan untuk beberapa tahun ke depan sudah mulai  memberikan keuntungan .
Hal positif yang menunjang pertumbuhan perusahaan:
  • Pertumbuhan sektor pariwisata yang tumbuh rata-rata 10 persen per tahun.
  • Fokus untuk mengembangkan e-commerce untuk menunjang pilar outbound service.
  • Pengoperasian hotel baru sehingga perusahaan memiliki layanan terintegrasi dari hulu sampai hilir di sektor pariwisata.

Hal negatif yang menghambat pertumbuhan perusahaan:

  • Persaingan dengan reservasi online dari maskapai penerbangan yang dapat mengurangi pendapatan dari penjualan tiket.
  • Paket wisata yang dijual masih sedikit.

Dari laporan keuangan tahun 2013, EPS sebesar 40 dan BVPS sebesar 305 atau dengan harga sekarang sebesar 500 adalah PER 12.5 dan PBV 1.64. Dengan asumsi perusahaan mampu mempertahankan EPS growth sebesar 20% dan terminal growth 4 % maka harga wajar berdasarkan metode DCF adalah 1100. sedangkan berdasarkan hitungan Lynch harga wajar adalah 800 dan Graham untuk sektor defensif sebesar 524.

Weekly chart PANR


Dilihat dari weekly chart, harga PANR sejak Agustus 2013 terus menanjak naik seiring kenaikan IHSG. Pola yang terbentuk adalah Flag Pattern. Support adalah di 440 dan resisten 520. Harga dapat terus naik jika break 520 dengan adanya volume yang naik signifikan. Jika tidak, maka saham PANR akan terkoreksi seiring pergerakan IHSG. Namun dilihat dari pertumbuhan perusahaan dan peluang untuk berkembang, koreksi yang terjadi merupakan peluang untuk mengoleksi saham ini. 

Happy Investing !
Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!