You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Nighttime Walking Tour

Berjalan-jalan di waktu malam di Singapore sangat menyenangkan. Disini tidak menyeramkan seperti kalau berjalan malam di Jakarta. Tempat favorit pengunjung adalah sepanjang Singapore river. Banyak terdapat tempat untuk nongkrong, ada kafe atau restoran yang buka sampai malam ataupun tempat duduk disepanjang trotoar di pinggir sungai. Sungai sangat tertata rapi dan ada trotoar di kedua sisi untuk pejalan kaki. Tempat yang paling ramai turis tentu saja Marina Bay yang ada patung Merlion. Sayang sewaktu saya kesana patungnya sedang direnovasi. View dari Merlion Park sendiri sangat indah, di kejauhan kita bisa melihat Esplanade, Singapore flyer dan Marina Barrage.
Esplanade theater difoto dari Merlion Park
Singapore Flyer, view dari Merlion Park
Marina Bay Sands, view dari Merlion park
narsis dulu deh,…
Mengelilingi Marina Bay dengan jalan kaki cukup nyaman, ada beberapa view yang lumayan bagus yang saya foto dari sepanjang Marina Bay. Puas dengan view di Marina Bay dan Merlion Park saya bergeser ke Esplanade Park. View dari sini lumayan bagus meski harus nyebrang di kolong jembatan dulu. Jangan dibayangkan ya, kolong jembatan di Singapore sama dengan Jakarta. Jauh sekali bedanya, disini kolong jembatan udah jadi taman dan tempat nongkrong yang nyaman.

view dari Esplanade Park

Banyak sekali spot foto yang bisa kita dapat disepanjang sungai, hotel-hotel, gedung perkantoran dengan lampu-lampu yang warna-warni sangat indah diwaktu malam.

Fullerton Hotel dengan Cavenagh Bridge berhiaskan lampu biru
Asian Civilization Museum
Gedung Perkantoran di waktu malam

Tempat nongkrong lain adalah di daerah Clarke Quay dan BoatQuay yang masih dipinggir sungai, banyak ada kafe tenda tempat penjual makanan. Bahkan salah satu mall juga pintunya menghadap sungai. Sungai benar-benar dimanfaatkan sebagai tempat refreshing disini.

Clarke quay
Boat Quay

Setelah puas berjalan di sepanjang sungai saya berpikir, kapan ya sungai di jakarta dikelola dengan baik seperti di Singapore. Malaysia dengan sungai Melaka nya sudah mulai berbenah so…kapan dengan Jakarta?

Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!