You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Mengamati Bisnis Metrodata Electronics

Perkembangan dunia teknologi informasi semakin pesat. Perusahaan modern mulai banyak mengalihkan proses bisnis yang dulunya dikerjakan secara tradisional kini beralih memakai teknologi informasi. Virtual office, ERM, cloud data storage, ataupun transaksi keuangan sudah menggunakan sistem informasi yang terintegrasi.
Metrodata Electronics (MTDL) merupakan perusahaan publik yang bergerak di bidang distribusi peralatan dan jasa konsultan bidang teknologi informasi. Perusahaan memulai operasinya sejak tahun 1975. Dengan pengalaman yang lama di bidang teknologi informasi maka tidak salah kalau saya menganggap Metrodata sebagai salah satu market leader di bidang teknologi informasi. Perusahaan memiliki beberapa anak perusahaan yang fokus pada segmen masing masing.
Perusahaan membagi segmen usaha menjadi tiga bagian yaitu distribusi perangkat keras dan perangkat lunak, solusi dan konsultasi. Untuk bisnis distribusi ada PT Synnex Metrodata Indonesia dan PT My Icon Technology yang fokus menjual peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk bisnis Solusi ada PT Mitra Integrasi Informatika dan PT Logicalis Metrodata Indonesia di bidang pelayanan jaringan dan jasa sewa dan pemeliharaan. Untuk segmen konsultasi ada PT Soltius Indonesia yang merupakan agen SAP di Indonesia. Lini distribusi masih menjadi penyumbang terbesar pendapatan perusahaan sekitar 75%, disusul oleh bidang solusi 21% dan konsultasi sekitar 4%. Segmen distribusi masih menjadi andalan dalam mengeruk untung karena meski margin tidak terlalu besar namun beaya operasional lebih kecil dibandingkan dengan segmen solusi ataupun jasa konsultasi. Yang memberatkan bagi segmen distribusi  tentu saja kurs dolar yang tidak menentu dan kenaikan pajak atas produk-produk teknologi informasi. Segmen solusi dan jasa konsultasi mengambil margin yang cukup besar namun karena segmen ini tergantung pada sumber daya manusia maka mahalnya gaji seorang expert bidang TI dan kenaikan upah minimum dapat menaikkan beaya operasional perusahaan. Pertumbuhan perusahaan mampu dijaga oleh manajemen sekitar 20 persen untuk eps growth dan sales growth.
Adapun yang menjadi hal-hal positif dari perusahaan:
  • Kebutuhan akan solusi di bidang teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan mendasar setiap perusahaan besar, menengah ataupun kecil yang mengandalkan sistem informasi dalam operasional perusahaan.
  • Banyak vendor yang menghentikan lisensi distribusinya dari perusahaan lain ke metrodata yang dianggap lebih mapan, profesional dan memiliki dukungan SDM yang kuat dan jaringan distribusi yang merata di seluruh indonesia.
  • Ekspansi perusahaan ke bidang e-commerce dengan format online shop untuk barang-barang teknologi informasi semisal Komputer, server, software, dan gadget.
Yang dapat mengakibatkan ekses negatif bagi perusahaan :
  • Untuk sektor distribusi dimana MTDL merambah sektor smartphone, kenaikan PPnBM mungkin mempengaruhi besar penjualan di bidang ini.
  • Nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat mempengaruhi karena sebagian barang yang didistribusikan perusahaan adalah impor.
  • Menurut siaran pers, manajemen untuk tahun ini memiliki target konservatif dengan hanya mempertahankan target pendapatan seperti tahun sebelumnya. Karena banyak calon pelanggan yang mengurungkan niat untuk membeli jasa perusahaan karena faktor pemilu ataupun nilai tukar rupiah.
Weekly chart MTDL
Mari kita lihat weekly chart MTDL. Pola yang terbentuk adalah cup and handle, dengan handle pada support 340 – 360. Adanya volume yang signifikan saat breakout mengkonfirmasi harga breakout pola cangkir bertelinga. Koreksi harga yang terjadi masih dalam tahap wajar. Bila kita ingin mulai membeli saham ini maka ini adalah waktu yang tepat.
Bagaimana dengan Fair Value MTDL?
Jika dilihat kinerja sepajang tahun 2013 maka eps sebesar 50 dan BV 414, dengan asumsi growth dijaga 20% dan terminal growth 4% maka fair value dengan DCF sebesar 1425, perhitungan menurut Lynch 1000 dan  Graham untuk saham defennsif sebesar 682.
Untuk sektor teknologi informasi PE dan PBV adalah:
               MTDL      ASGR      MLPT              rata-rata
PER        6.2             22.4          27.7               18.77
PBV       0.8              3.74          3.96               2.83
Value harga berdasarkan PER : 18.7 x 50 = 938
Value harga berdasar PBV : 2.83 x 414 = 1171
Dengan harga yang masih 350 sangat murah bukan?
Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!