You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Manisnya Susu Ultrajaya

Siapa yang tidak kenal dengan susu ultra, teh kotak dan sari kacang ijo? Produk minuman tersebut sudah menjadi primadona banyak orang sejak lama.  Favorit saya sejak kecil sampai sekarang adalah sari kacang ijo, rasa manisnya pas, dan kacangnya berasa lembut banget, pokoknya pas banget di lidah saya. Sayapun jika ke minimarket sering sekali membeli susu kotak dan teh kotak ultra, hanya karena perut sudah tidak cocok dengan produk teh saja maka saya belakangan ini menguranginya. Namun secara umum saya menyukai ketiga minuman di atas, dan mungkin anda pun juga menyukainya.

Sejarah Panjang Ultrajaya
Satu hal yang saya senangi dari perusahaan seperti ultrajaya adalah konsistensi mereka pada satu bidang yaitu minuman UHT terutama produk susu. Ultrajaya dimulai dari usaha keluarga yang memproduksi susu yang diolah secara sederhana oleh keluarga Prawirawidjaja tahun 1960 an. Pada pertengahan tahun 1970 an, keinginan untuk membuat produk susu yang dapat tahan lama tanpa mengurangi kualitas dan penggunaan bahan pengawet membawa perusahaan untuk mulai berinovasi dengan menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan kemasan aseptik. walhasil, semua produk perusahaan mendapat tempat yang kuat di hati konsumen dan brand susu ultra bisa bertahan selama lebih dari 40 tahun.

Konsumsi susu perkapita masyarakat Indonesia adalah yang terendah di ASEAN sekitar 11 liter per tahun, jauh dari rata-rata ASEAN 20 liter per tahun. Beda jauh dengan negara tetangga kita, Malaysia 36 liter per tahun, Myanmar 26 liter per tahun, Thailand 22,2 liter per tahun, dan Filipina 17,8 liter per tahun. Dengan populasi yang sangat besar sekitar 255 juta jiwa maka pangsa pasar susu masih sangat besar.

Merk Dagang Yang Kuat
Brand susu Ultra sudah sangat kuat dan merupakan pemimpin pangsa pasar susu UHT dalam kemasan aseptik. Begitu pula dengan teh Kotak dan sari kacang ijo yang sudah mempunyai penggemar setia di pasar. Kekuatan pada brand inilah kedepannya akan tetap menyumbangkan pertumbuhan keuntungan bagi perusahaan.

Manajemen Yang Berpengalaman
Jajaran pimpinan perseroan tidak mengalami perubahan, mungkin karena dasarnya adalah perusahaan keluarga. Sabana Prawirawidjaja sudah menjadi pemimpin puncak sejak tahun 1971. Sungguh masa waktu yang sangat lama untuk ukuran perusahaan sekelas Ultrajaya. namun pengalaman membuktikan kalau perusahaan bisa melewati beberapa kali masa krisis dan bisa bertahan dan tumbuh sampai sekarang. Diantara ketiga direkturnya hanya Samudra Prawirawidjaja yang paling muda yaitu  50 tahunan.

Profil ULTJ
Saat ini Ultrajaya memproduksi dua segmentasi produk yaitu minuman UHT (Ultra High Temperature) dan makanan.
Untuk segmentasi minuman UHT produk Ultrajaya terdiri dari :
1. Susu cair.
Ada beberapa brand yang sudah terkenal yaitu Ultra Milk, Ultra Mimi, Low fat high calcium dan Susu sehat.
2. Teh, ada dua varian yaitu Teh Kotak dan Teh Bunga
3. Minuman Kesehatan, yaitu Sari Asem
4. Minuman lainnya, yaitu Sari Kacang Ijo dan Coco Pandan Drink.

Untuk segmen makanan, Ultrajaya memproduksi susu bubuk merk Morinaga dan susu kental manis dengan merk Cap Sapi, Golden Choice dan Ultra Milk. Selain produk susu ULTJ juga meproduksi konsentrat buah-buahan dengan merk Ultra.

Produk Ultrajaya (sumber: annual report ULTJ)
Perusahaan sudah menjual merk Buavita dan GoGo ke Unilever, namun tetap memiliki perjanjian untuk memproduksi dan mengemas minuman UHT dengan merk dagang Buavita dan GoGo.

Penyediaan bahan baku susu yang berkualitas
Perusahaan memiliki peternakan sapi yang merupakan patungan dengan koperasi peternak bandung selatan (KPBS) di daerah Pengalengan dengan kepemilikan 70% Ultrajaya dan 30% para peternak. Selain mendapat kepastian bahan baku berkualitas, perusahaan juga dapat memberdayakan para peternak disekitar sebagai bagian program kepedulian terhadap masyarakat karena disamping membeli produk susu peternak juga mendapatkan pembinaan, pelatihan bagaimana menjaga kualitas hasil susu. Sedangkan untuk mendapatkan bahan baku teh, ULTJ mendapatkannya dari PT Perkebunan Nusantara.

Private Placement
Pemegang saham ULTJ berdasarkan laporan keuangan tahun 2015 adalah:
1. PT Prawirawidjaja : 21.4%  (pengendali)
2. Sabana Prawirawidjaja 14.65%  (founder)
3. Samudera Prawirawidjaja : 3.25%  (founder)
4. AJ Central Asia : 7.68%
5. Indolife Pensiontama :8.02%
6. UBS AG Singapore : 9.5%
7. Masyarakat : 35.52%

Perusahaan telah melakukan private placement pada awal Agustus 2016. Pemegang saham pengendali melepas 197 juta lembar saham (6.8%) seharga 4000 rupiah per saham dengan penawaran terbatas melalui broker Sucorinfest yang berpartner dengan Decker&co broker asal Amerika Serikat dengan total nilai mencapai USD60 Milyar (Rp792Milyar). Belum jelas saham Prawirawidjaja mana yang dijual yang jelas keluarga Prawirawidjaja masih menjadi pengendali perusahaan. Tujuan penjualan saham ini adalah untuk meningkatkan likuiditas di bursa saham.

Ringkasan Keuangan

Penilaian Harga Wajar Saham

Kalau melihat secara historis maka pertumbuhan EPS  per 5 tahun adalah 38 % (optimis) dan per 3 tahun terakhir adalah 17 % (konservatif). Jika dihitung menggunakan Discounted Cash Flow (DCF) dengan harga sekarang 4600, EPS 179 , discount rate 12%, terminal growth 4% selama 10 tahun dengan pertumbuhan konservatif 17% maka harga wajar adalah 4179 (lebih kecil dari harga sekarang). Tepat seperti harga sekarang. Jika menghitung dengan pertumbuhan optimis 38% maka harga adalah 16535 dengan margin of safety (MoS) sebesar 72.18% . (Kalkulator DCF ada di bagian footer website)
Berdasarkan metode GCM (Guideline Company Method) didapat hargaestimasi seperti pada tabel dibawah.

Harga wajar saham ULTJ berdasarkan PE dan PBV rata-rata perusahaan sejenis


Strategi Trading
dari kedua metode kita dapatkan :
Batas atas     DCF (bobot 70%): 16535   GCM (bobot 30%): 3940, rata-rata:10237
Batas bawah DCF (bobot 70%): 4179     GCM (bobot 30%): 3875, rata-rata: 4027
Jadi target harga wajar saham ULTJ adalah minimum 4027 dan maksimum 10237

Jika kita lihat weekly chart dari ULTJ maka tampak seperti pola cangkir bertelinga (cup and handle). harga sudah mengalami breakout resistan 4350 dan konfirmasi dengan adanya volume yang cukup saat breakout. Resistan berikutnya adalah sekitar 5100, secara teori ini merupakan konfirmasi trend menjadi bullish.

Weekly chart ULTJ
Saya sempat masuk di harga sekitar 4300 dan menurut saya ini titik beli yang sangat manis dan saya masih menunggu apakah ada bullish pattern lagi atau malah reverse sebelum mencapai resistan 5100. Namun karena saya berencana hold untuk jangka panjang, sebelum terjadi perubahan secara fundamental saya akan hold.

Bagaimana dengan Anda?

 

Share this post

Published by

3 thoughts on Manisnya Susu Ultrajaya

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!