You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Fasa Markup AISA

IHSG sedang bullish, para analis menyebutnya sebagai efek pemilu. Secara historis memang pada saat pemilu IHSG selalu naik. Namun saat berada diatas terkadang banyak yg lupa diri. Sebagai investor kita harus waspada. Koreksi pasti akan terjadi, tinggal menunggu waktu. Karena siklus dalam bursa pasti terjadi. Fasa markdown-sideways-markup-sideways akan terus berulang.

 

Membahas fasa dalam pasar, saya akan membahas sedikit pada satu-satunya saham yang saya hold sampai sekarang yaitu AISA. Dilihat dari weekly chart AISA sedang berada dalam fasa markup harga (Fasa E). saya membeli pada saat fasa sideways dengan harga rata-rata si 1400an. Oh..ya ulasan dalam artikel saya berjudul Investasi di AISA sudah membahas mengapa saya memilih emiten ini.
Pada Fasa A, AISA telah mengalami akumulasi oleh Investor besar (Smartmoney) sampai pada titik Buying Climax. Volume saat akumulasi ini diatas rata-rata garis biru, saat fasa A ini rumor akuisisi AISA oleh KKR adalah penggerak utamanya. Pada saat harga sampai 1500 an (harga dimana KKR membeli saham AISA) maka koreksi pun terjadi dan AISA berada pada Fasa B.
Pada Fasa B, AISA membentuk pola sideways dengan koreksi sampai harga 1100 an. Sebuah kkoreksi yang cukup wajar. Namun rumor AISA yang dibeli KKR mulai mengangkat harga AISA (Automatic Rally) sampai pada harga tertinggi sebelumnya dengan volume yang sangat besar. Transaksi KKR mengakuisisi AISA diselesaikan, kemudian pasar merespon dengan profit taking. Harga AISA turun ke titik support di 1100 an kembali (Secondary Test). Rupanya pasar masih menganggap kinerja AISA sangat menarik, harga tidak bisa menembus support. Seiring dengan IHSG yang reversal maka harga AISA mulai rebound (Fasa C). Dapat ditebak AISA mulai mengalami markup harga pada Fasa D dengan adanya Sign of strength (harga mencapai titik tertinggi sebelumnya) dan Last Preliminary Support (Koreksi sebelum breakout). Akhirnya AISA breakout harga 1500 an dan berada pada Fasa E (Reaccumulation).

 

Secara fundamental tidak ada yang berubah dengan AISA. Berdasar laporan keuangan tahun 2013  perusahaan masih tumbuh dengan eps growth 47% dibanding tahun 2012. Sales memang tidak sesuai target manajemen namun masih tumbuh diatas 40%. Pada tahun ini AISA menambah lini minuman dalam divisi makanan, dimana PT paloma bisco membentuk anak perusahaan baru yaitu PT Sekar Tanjung Sejahtera yang bergerak dalam bidang susu kemasan. Diharapkan dengan beroperasi anak perusahaan dapat menaikkan pendapatan divisi. Ekspansi lain yang dilakukan manajemen adalah dibangunnya pabrik penggilingan beras di jawa timur. Seiring dengan fokus usaha perseroan di bidang distribusi beras diharapkan kontribusi AISA menjadi 5% beras nasional. Manajemen AISA dalam suatu siaran pers mengungkapkan perseroan akan fokus pada pasar beras dalam negeri. Terkait rencana divestasi anak usaha dibidang perkebunan sawit makin jelas kemana fokus perusahaan.
Salah satu langkah manajemen yang menurut saya sangat brilian adalah strategi bagaimana mensejahterakan petani yang menjadi mitra perseroan. Perseroan menganggap apabila petani dibina maka hasil panennya akan sesuai dengan standar industri dan perseroan mendapat bahan baku pabrik pengolahan beras dengan membeli dengan harga diatas HPP, sungguh program yang bagus.
Lalu strategi trading saya dengan emiten ini adalah menunggu fasa markup harga ini berakhir, menunggu koreksi dalam fasa sideways, kenapa dalam fasa sideways? Karena saya melihat langkah manajemen masih on the track, tidak ada aturan pemerintah yang ditabrak atau menghambat ekspansi seperti pada ANTM yang sudah saya lepas dengan adanya aturan larangan ekspor bahan mentah. Hemat saya untuk perusahaan konsumsi jarang mengalami koreksi yang besar pada fasa markdown. Jadi jual saat akan masuk fasa sideways dan cicil lagi saat harga markdown. Kemudian tunggu lagi bursa bullish dimana semua harga akan dimarkup. Target saya dengan eps sebesar 104 dengan growth rata-rata 20% maka fair value adalah 3000. Happy investing! Let the profit run.
Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!