You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Disiplin Itu Menyakitkan

Minggu ini IHSG memecah rekor lagi. Biasanya jumat orang pada jualan eh ini IHSG malah naik. Bagimana dengan nasib saham-saham yang ada di chart saya yang BRS nya lebih besar dari 10. Mari kita lihat satu persatu. Saya mulai dari saham di sektor properti.

LPCK breakout dari resisten kuat 7200 dan akan menguji resisten 161.8% di harga 7900. Apakah akan mampu melewati resisten 7900 ataukah akan kembali menguji support 7200. Kalau kita lihat volume perdagangan 3 minggu terakhir kita lihat kenaikan volume dengan kenaikan harga dan saat harga berbalik disertai volume yang kecil. Menurut saya harga akan menguji resisten 7200. Kalau ingin posisi beli kita tunggu harga yang bagus. Sekarang RR adalah 1.8 , harga yang bagus untuk beli adalah 7250-7300.

LPCK
Untuk saham properti dengan BRS lebih dari 10 seperti ASRI, SSIA, MDLN belum ada aktifitas yang signifikan. Kalau saya memang ada posisi di MDLN, yang bisa dilakukan adalah Hold dan average up.
Untuk saham banking BTPN memang ada aktifitas yang signifikan, saya sempat ambil posisi yang akhirnya saya cutloss. Agak bingung juga jika kita lihat chart nya. Harga sempat breakout dari resisten kuat 5350 dan mencapai harga tertinggi 6050 dengan kenaikan volume. Saya pun akhirnya ambil posisi di harga 5400. Namun apa daya harga turun disertai kenaikan volume yang cukup besar. Panik sih tapi saya harus disiplin batas risk manajemen saya adalah 4%, begitu harga lewat kembali ke support 5350 saya langsung cut loss di 5200. Sakit memang 3% itu adalah harga yang harus dibayar, mungkin saya harus berhati-hati. Meskipun memiliki nilai BRS tinggi namun kapitalisasi BTPN di market tidak besar jadi mudah dimainkan bandar.
BTPN


Saham banking lain yaitu SDRA masih belum ada aktifitas yang signifikan masih seperti minggu lalu.

Untuk saham sektor konsumsi AISA ,saya masih ada posisi dan profit sudah lebih dari 10%. Kapan akan saya lepas saya lihat chart AISA minggu lalu, masih belum menuju resisten kuat, jadi masih saya hold.
Meskipun sudah punya strategi yang bagus, terkadang kita bisa juga salah. Karena sebagai pemain kelas teri kita ibarat rumput bergoyang yang gampang ditiup angin besar. Dengan strategi yang tepat rumput bergoyang itu akan tetap survive. Salam…!
Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!