You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Booking Hotel Dengan “Blitudik Hotel Search”

Melihat iklan Trivago di TV, saya jadi bertanya tanya apakah dari bisnis search engine untuk komparasi harga hotel itu menguntungkan. Sekarang ini banyak e-commerce yang mengiklankan dirinya di TV, contohnya bukalapak, tokopedia, traveloka   Kalo broker tiket/voucher hotel seperti traveloka jorjoran iklan masih wajar lah. Penjualan mereka sangat tinggi, dan tentunya komisinya tinggi juga.
Sepanjang yang saya tahu bisnis search engine ini pemasukannya dari komisi penjualan hotel dari broker dan bukan dari hotelnya langsung. Jadi… mereka ini adalah pengepulnya broker, atau bahasa njlimet saya, broker dari broker. Ya..mereka menawarkan layanan komparasi harga hotel yang disediakan oleh berbagai broker hotel sehingga konsumen mendapatkan harga yang terbaik dari sebuah kamar hotel. Itu saja…

 

Jadi komisinya mestinya lebih kecil dari brokernya. website broker seperti hotels.com, tiket.com , agoda.com ataupun broker yang lain memiliki koneksi langsung dengan hotel. sedangkan search engine seperti trivago ini beroperasi membandingkan harga dari semua broker untuk hotel yang diinginkan oleh pengunjung website mereka, ya sesuai tagline mereka lah….
Saya tidak akan membahas tentang trivago ini ataupun membahas detil tentang bisnisnya, mungkin nanti akan saya bahas khusus tentang bisnis broker-brokeran hotel ini , namun kali ini saya akan membahas salah satu fitur dalam website saya yang proses kerjanya sama dengan trivago yaitu Bli Tudik Hotel Search. 
Jika  kita buka laman http://hotel.blitudik.com akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
 Bli Tudik Hotel Search
Hasil pencarian hotel

Pengunjung tinggal mengetikkan kota  atau daerah yang akan dicari hotelnya. Misalkan dalam gambar diatas adalah Singapura.  Kemudian masukkan tanggal check-out dan check in dan jumlah tamu yang akan menginap. Tekan tombol pencarian dan hasilnya sepeti terlihat pada gambar dibawah.

Akan muncul daftar hotel yang ada di Singapura. Hasil pencarian ini bisa kita urutkan berdasarkan bintang, harga, jarak dengan satu objek wisata tertentu, dan penilaian dari pengunjung yang pernah menginap disana. Sangat mudah dan praktis. Inilah yang paling saya sukai dari search engine semacam ini.
Harga yang ditampilkan adalah harga terendah  dari para broker hotel, dan dalam contoh diatas adalah asiatravel.com. Harga dari broker yang lain seperti easytobook.com dan amoma.com selisihnya kadang tidak terlalu jauh. Namun seorang pelanggan akan merasa puas mendapat harga yang paling rendah untuk kamar yang sama, meskipun itu hanya 10 ribu rupiah atau 50 ribu rupiah.
Secara psikologis konsumen itu maunya ada pilihan harga, ada banyak pilihan broker, kemudian membandingkan dan baru memutuskan mana yang dipilih, dan tentunya harga adalah yang paling utama. Itulah yang menjadi bisnis dari search engine hotel ini.
Setelah menentukan hotel yang dipilih, konsumen menekan tombol lihat penawaran maka search engine akan memforward pengunjung ke website broker tersebut. Tugas dari search engine inipun selesai. Inilah alasan mengapa search engine ini saya sebut sebagai Broker dari Broker…hahaha.
Search engine mengalihkan pengunjung ke website broker hotel
Setelah masuk ke website broker tersebut maka pegunjung dapat memulai proses booking. Saat ini semua proses dihandle oleh broker hotel, yang tentunya memiliki akses langsung ke hotel. Pengunjung juga bisa menambah atau mengurangi fasilitas-fasilitas yang ditawarkan hotel, atau mengganti kamar juga bisa.
Laman broker hotel
Terkadang mereka menawarkan untuk menjadi member broker tersebut dan jika ini terjadi mereka dapat menawarkan harga langsung ke konsumen tanpa melalui broker dari broker…..hahahaha.
Booking form


Proses selanjutnya adalah mengisi form standar pemesanan dan melakukan pembayaran. Umumnya broker hotel menerima pembayaran melalui kartu kredit. Untuk metode lain disesuaikan dengan Negara atau fitur yang bisa digunakan sebagai pembayaran semisal paypal, kartu debet atau transfer bank.

Input data tamu

Setelah pembayaran divalidasi maka broker akan mengirimkan voucher hotel anda yang bisa ditunjukkan saat check in hotel. Sangat mudah …..

Lalu Bli Tudik Hotel search ini termasuk apa??
saya mengatakannya sebagai temannya broker dari broker……….yah rantainya banyak ya, makanya komisinya minim banget. Meskipun minim saya sering menggunakannya untuk kepentingan sendiri jika sedang bepergian. Itung-itung diskon…hehehe
Tertarik untuk menggunakan….??
Coba yaaaa…..!!!!

 

Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!