You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Bli Tudik Flight Search

Pada artikel sebelumnya saya membahas salah satu fitur dalam website saya yaitu search engine untuk membandingkan harga hotel (http://hotel.blitudik.com). Kali ini saya membahas fitur yang lain yaitu membandingkan harga tiket pesawat terbang. Serupa dengan pencarian hotel, pencarian penerbangan dengan Blitudik Flight Search  (http://pesawat.blitudik.com) membandingkan harga antara beberapa broker tiket pesawat. Misalkan antara www.nusatrip.com ,  www.ezytravel.co.id , www.tiket.com dan yang lain.
Apa sebenarnya keuntungan menggunakan search engine ini. Kita mendapatkan alternative harga terbaik dari beberapa broker. Apakah perbedaannya besar? menurut saya tidak begitu besar karena harga dan seat available berasal dari maskapai penerbangan dan komisi yang diberikan oleh maskapai kepada agen / broker baik yang offline dan online adalah sama. Jadi antar broker bersaing harga dengan mengambil untung yang secukupnya dari harga yang diberikan maskapai. Lalu perbedaannya dengan yang ditawarkan oleh website maskapai apa dan kenapa harus pakai broker?
 
Perbedaan harga antara membeli langsung online ke website maskapai dengan harga agen/broker sekitar 10 ribu rupiah ,hal ini berlaku untuk sebagian besar maskapai seperti sriwijaya air dan lion air (kecuali air asia dan citilink). kalau anda beli langsung di website Lion Air akan lebih mahal 10 ribu rupiah dibandingkan membeli di agen seperti TX travel, ataupun broker online.
Selain beda harga  10ribu, agen akan mendapatkan komisi penjualan sesuai kelas seat yang dijual yang kira-kira sebesar 2-5% (masih valid nggak ya…..pengalaman jualan tiket dulu ya segitu). Nah range harga inilah yang dimainkan oleh broker-broker online tersebut. Sangat tipis memang, tapi kalau volume/omsetnya besar ya lumayan juga.
Para broker online ini akan mengupdate harga mereka, karena search engine penerbangan seperti http://pesawat.blitudik.com akan menampilkan harga yang paling murah. Berdasarkan pengamatan saya terkadang selisihnya cuma seribu sampai tiga ribu rupiah, angkanya pun disetting angka cantik biasanya, biar “eye catching” saja di search engine. Karena yang paling murah mendapat keistimewaan tombol pilih. Artinya probabilitas di klik link nya paling besar. Apakah akan terjadi banting-banting harga??? Saya mimpi kali yee… Nggak mungkin lah masak orang “kulakan” hanya ingin impas atau rugi.  Tugas staf broker tadi untuk mengamati harga pesaingnya di search engine dan kalau kalah murah ya diturunkan meskipun cuma 500 perak saja. hehehe. Semuanya hanya sebatas strategi marketing saja kok.
Ok, mari kita coba menggunakan search engine Bli Tudik Flight Search (http://pesawat.blitudik.com).
Web bli tudik flight search
Pengunjung tinggal mengetik penerbangan yang akan dicari, tanggal keberangkatan dan tanggal kembali jika ingin penerbangan pulang pergi. Setelah itu menekan tombol pencarian.
Hasil pencarian
Forward ke website broker

Search engine akan menampilkan hasil pencarian penerbangan semua jadwal pada tanggal yang dipilih. Pengunjung dapat mensortir berdasarkan urutan waktu berangkat ataupun harga. Harga yang ditampilkan adalah harga terendah dari beberapa broker tiket. Pada contoh diatas untuk penerbangan yang sama yaitu Sriwijaya air CGK-DPS pada tanggal 6 maret 2016 pada pukul 15.00 harga terendah adalah 425ribu dari broker www.arenatiket.com . Selisih antar broker misal dengan www.nusatrip.com beda 3 ribu rupiah dengan www.tiket.com beda 12 ribu rupiah dan dengan www.tiket2.com malah beda 25 ribu. Inilah manfaat search engine ini.

Setelah tombol pilih ditekan, maka search engine akan memforward ke website broker yang memberikan harga terbaik tersebut. Saat ini tugas search engine selesai dan pengunjung akan dilayani oleh  website broker tiket.

Masuk ke website broker maka pengunjung bisa mengisi form pemesanan , melakukan pembayaran dan mencetak e-tiket yang akan digunakan untuk proses boarding di bandara.

Sangat mudah bukan?
Dicoba ya……….

Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!