You can enable/disable right clicking from Theme Options and customize this message too.

Apakah trend akan berlanjut?

Kalau kita melihat IHSG yang sedang dipuncak seperti ini terkadang  ada sedikit keraguan, apakah trend naik ini akan berlanjut ataukah akan berbalik arah. Sebagai trader yang baik kita harus pasang strategi yang baik, memperkirakan kapan kita keluar/masuk bursa. Apalagi trader seperti saya yang tidak setiap hari bisa monitor, kalau salah masuk ya.. bisa amsyoong lagi. Ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan.
Kondisi bursa regional asia dan amerika/eropa, karena kita tahu yang dapat menggerakkan indeks adalah adanya gelontoran dana investor asing yang masuk bursa kita. Kondisi bursa Amerika sedang positif seperti kita lihat chart dari Dow-Jones Industrial berikut.
Indeks Dow Jones
Support pertama DJIA adalah di 15180 (retracement 161.8 %) dan resisten pertama adalah 15580 (retracement 261.8%). Koreksi yang terjadi minggu ini adalah menuju support pertama. Kita lihat apakah akan menembus support atau rebound menuju resisten. Jika menembus support maka resisten 15580 adalah akhir dari wave 5, dan kita bersiap untuk koreksi bursa jangka menengah. Jika rebound maka kita masih belum mengetahui kapankah wave 5 berakhir.
Indeks Hang Seng
Bagaimana dengan IHSG?Berbanding terbalik dengan Dow Jones , Hang Seng mengalami koreksi jangka menengah. Support pertama adalah pada 22500 (ret 50%) dan resisten pertama adalah 22900-23000 (ret 23.6%). Jika minggu depan support ini ditembus maka kita harus lebih berhati-hati.
IHSG

IHSG masih dalam trend naik, support pertama adalah 5100 dan resisten pertama di 5251. Penguatan hari jumat kemarin apakah akan terus berlanjut, saya tidak tahu. Yang jelas bila support 5100 tertembus berarti trend bisa berubah turun. Saya harus berhati-hati dalam ambil posisi, atau segera keluar dari pasar jika trend berbalik. Bagaimana saham-saham dengan BRS point lebih besar dari 10?

ASRI, MDLN, SDRA, BTPN, HRUM dan SSIA masih bergerak disekitar support dan resisten pertama masing-masing. Saham yang pergerakannya cukup signifikan adalah AISA dan LPCK. Saya tidak memiliki posisi di LPCK, merasa menyesal juga sih ….. hehehe tapi memang belum rejeki kali ya. Pergerakan LPCK menembus resisten 8000 dan 8800. Saya cuman agak khawatir karena pergerakannya tidak disertai lonjakan volume. Kalau spekulasi mungkin aja, tapi gak akan banyak deh ntar apesss……

LPCK

AISA juga menembus resisten pertama , posisi saya di AISA akhirnya saya lepas. Take profit dulu lah sambil monitor kembali pergerakannya, apakah akan rebound ke trend channel nya lagi ataukah memang harganya sudah breakout. Kalau memang benar breakout maka saya akan buyback lagi dan ikut trend.

AISA

Saya sangat memperhatikan pergerakan IHSG, dengan posisi portfolio saya yang 50% saya harus waspada. Siapa yang bisa tahu kalau minggu depan pasar tidak bersahabat dan IHSG turun lagi. Melihat perkembangan regional sih hanya DJIA aja yang positif kalau yang lain belum ada tanda-tanda rebound.

Waspada dan manajemen resiko yang benar adalah senjata kita.

 

Share this post

Published by

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Alert: Content is protected !!