Bli Tudik : Crowded nya Toji Temple Saat Weekend

31 December 2019

Crowded nya Toji Temple Saat Weekend

Toji temple adalah kuil Buddha yang merupakan salah satu UNESCO world heritage di kota Kyoto. Kuil Toji dibangun pada jaman Heian dimana waktu itu ibu kota jepang dipindahkan dari Nara ke Kyoto (Heiankyo). Sehingga Toji bisa dikatakan sebagai kuil tertua di kota Kyoto.

Five Storied Pagoda at Toji Temple
Kalau kita lihat halaman dari kuil Toji ini sangat luas. Ada kolam dan taman yang indah. Ada yang menarik di halaman kuil ini adalah tempat terbuka yang cukup luas. Perkiraan saya tempat parkir atau upacara tetapi dugaan saya salah, ternyata digunakan untuk pasar /Kobosan. Bangunan utama dari kuil Toji adalah Kondo (bangunan utama), Kodo (sekolah), Jikido, Miedo dan Five Story Pagoda dengan tinggi 55 meter dan merupakan bangunan tertinggi dengan bahan kayu di Kyoto.


Taman di Toji temple (illumination)
Saat musim semi dan musim gugur kuil Toji adalah salah satu kuil yang diiluminasi/ dilengkapi dengan penerangan saat malam hari dan terbuka untuk umum. Kuil ini dibuka dari jam 5 sampai jam 9 malam. Saya mengunjunginya saat malam minggu dan taraa........sumpah, ramai banget. Antrean bisa sampai 300 meter untuk tiket masuknya. Dan begitu di dalam crowded sekali. Rata-rata semua orang yang masuk ke kuil Toji membawa kamera masing-masing dan banyak sekali yang membawa tripod. Dan mendapatkan foto yang jauh dari lautan manusia dan tripod sangatlah sulit. Benar-benar hari yang hectic bagi saya. Meskipun sangat ramai, kuil ini sangatlah indah, pemandangan pagoda yang  dihiasi sinar lampu dan taman dan kolam yang berhiaskan pohon maple yang berdaun merah membuat decak kagum saya. Terutama refleksi dari pepohonan di kolamnya,...super deh. Jika ada kesempatan lain maka saya akan mengunjunginya lagi dan yang pasti tidak akan pada waktu weekend atau hari libur di Jepang.



No comments:

Post a Comment