Bli Tudik : Memperbaiki Distorsi Foto

03 June 2018

Memperbaiki Distorsi Foto

Pernahkah hasil foto seperti kelihatan tirus di kepala atau badan terlihat terdistorsi? Ya...Penggunaan lensa wide/ultrawide terkadang bermasalah ketika memotret dengan objek manusia. Distorsi ini adalah khas dari semua lensa wide. Kalau kita menggunakan lensa wide (dibawah 50 mm untuk sensor fullframe atau dibawah 35mm untuk crop sensor) maka ketika memotret model manusia maka objeknya diusahakan tegak lurus dengan kamera, dan letak objek foto dalam komposisi harus tepat di tengah. Jika angle pengambilan foto sedikit miring maka distorsi akan terlihat sangat jelas. Semakin lensa yang digunakan semakin lebar maka distorsi akan semakin terlihat parah. Sepanjang yang saya pernah alami ketika memotret dengan focal length lensa diatas 18 mm (pada crop sensor) distorsinya menurut saya masih bisa diterima namun dibawah 18mm distorsi menjadi sangat kentara sekali jika tidak hati-hati .
Foto 1. Distorsi Foto yang diambil dengan lensa Ultrawide pada Focal Length 10mm



Namun dengan kemajuan software pengolah digital maka distorsi ini bisa kita perbaiki. Sebagai contoh kita lihat foto saya pada foto 1. Foto ini diambil di kuil Wat Pho, Thailand dengan latar belakang patung Buddha yang sedang berbaring. Karena tempatnya sempit maka saya memasang lensa ultrawide 10-18mm di kamera saya. Saat itu ada teman yang membantu untuk motretin saya. Karena beliau tidak familiar dengan fotografi jadilah foto saya sedikit terdistorsi pada kepala. Niat teman saya mungkin baik,  ingin motretin saya dengan latar patung Buddha yang penuh ke atas. Namun karena jaraknya  kami sangat dekat sehingga zoom lensa di set pada focal legth 10 mm. Ini ultrawide banget dan hasilnya ….distorsi deh..
Untuk memperbaiki foto 1 diatas saya pun akhirnya melakukan editing dengan menggunakan Corel Paintshop Pro X9. Adapun langkah-langkah yang saya lakukan adalah seperti berikut ini.

Pertama, Setelah file dibuka pada Paintshop Pro, saya zoom pada kepala dan badan saya. Kemudian melakukan Select dengan menggunakan smart selection brush. Cara ini sangat cepat dengan mengusapkan smart selection brush pada objek kepala dan badan maka edge/pinggir dari objek akan langsung dideteksi, namun masih kasar. 

Foto 2. Selection dengan smart selection brush

Untuk menyempurnakan selection maka saya akan menggunakan tombol ctrl untuk menambah seleksi pada pinggir rambut dan kepala dan tombol shift untuk mengurangi seleksi pada tangan kiri sampai seluruh foto saya terseleksi seperti pada foto 3. Langkah ini butuh kesabaran dan ketelitian serta kelincahan dalam mengganti ukuran brush dari smart selection brush ini. Hasil seleksi ini saya copy paste menjadi layer baru untuk diedit.

Foto 3. Smart selection brush dengan ctrl dan shift untuk seleksi objek

Kedua, pada layer baru yang  semua badan dan kepala sudah terseleksi, akan saya lakukan edit perspektif.  Ada dua cara untuk memperbaiki perspektif yaitu dengan perspective correction tools atau dengan select  tool dan memilih mode perspective. Oh ya sebelum lupa, usahakan selalu menduplikat layer aslinya agar kita bisa melihat perbandingan dengan hasil editan.

Foto 4. Edit perspective dengan selection tools
Cara yang saya pakai adalah cara kedua. Saya memilih selection tools rectangle kemudian mode selection saya ganti dari scale menjadi perspective. Pada mode perspective ini saya tarik sudut selector ke arah perspektif yang akan diperbaiki  boleh ke kanan atau ke kiri. Lakukan trial dan error hingga dihasilkan gambar yang dirasa cukup baik.

Ketiga, karena di layer aslinya masih ada gambar yang sama biar tidak terlihat (aslinya baju saya jadi dobel) maka saya melakukan sedikit resize sehingga foto yang diedit perspektifnya bisa menutupi foto aslinya. Memang sih badan saya kelihatan lebih gede dari foto awal...namanya juga diedit...hehehehe.

Foto 5. Hasil akhir
Terakhir, merge layer yang telah diperbaiki ke dalam layer aslinya. Hasil akhirnya terlihat seperti Foto 5. Lumayan lah gak mencong lagi kepalanya kan.

Foto 6. Perbandingan dengan foto awal (kiri) dan foto akhir (kanan)
Foto 6 memperlihatkan perbedaan antara asli dan setelah edit. Akhirnya foto saya sedikit lebih enak dilihat….Oh ya saat main di Wat Pho semua foto diambil dengan lensa ultrawide ini  (10-18mm) makanya saya butuh editing biar foto orangnya gak terdistorsi semua, kan sayang  buat kenangan .

Meskipun software editor foto sekarang sudah canggih-canggih, tetapi mendapat foto yang fresh dari kamera sudah dalam keadaan baik itu sangat menyenangkan dan tidak bikin repot. Ini untung baru satu foto saja. Gimana kalau banyak ya...…….

No comments:

Post a Comment