Bli Tudik : Uncle Sam Part 2 : GE Power Factory,Schenectady

07 March 2017

Uncle Sam Part 2 : GE Power Factory,Schenectady

Untuk menuju Schenectady, dari Los Angeles kami menempuh perjalanan udara dengan United Airlines. Dari LAX transit di Newark kemudian lanjut ke Albany dan dengan mobil ke Schenectady. Hal yang menarik di LAX adalah untuk penerbangan domestik kita cek in secara mandiri, scan passport, dan cetak boarding pass dan menempelkan tanda bagasi sendiri. Setelah itu baru bagasi diberikan ke petugas. Pemeriksaan keamanan cukup ketat disini, sampai-sampai tas sayapun dibuka untuk diperiksa isinya satu persatu.

Union College, Schenectady

Transit di Newark memberi kesan tersendiri bagi saya. Bandara Newark menurut saya sangat bagus, untuk membeli makanan terdapat banyak counter mandiri dilengkapi mesin bayar. Kita tinggal ambil makanan yang diinginkan, timbang (karena harga ditentukan oleh berat makanan) dan bayar. Bisa pakai creditcard ataupun cash. Ini pertama kali saya membeli makanan secara prasmanan dan harganya dihitung berdasarkan berat. Dan makanannya sebagian besar berasa hambar dan aneh di lidah tapi cukup mengenyangkan perut...heheheh. Akhirnya saya menemukan vending machine untuk membeli traveler SimCard,  yang sebenarnya saya menyesal untuk membelinya karena harga paket data yang mahal sekali, dari info yang saya dapat dari teman lebih baik membeli prepaid sim card di AT&T atau T-Mobile di mall/counter di kota.

Traveler Sim Card
Dari Newark kita menuju Albany menumpangi pesawat dengan mesin baling baling. Berasa OTR nya wings air..hehe. Dan setibanya di Albany barulah terasa hawa dingin yang teramat sangat , temperature nya sekitar 5 derajat celcius. Jaket, syal, kupluk dan sarung tangan pun langsung saya pakai namun masih berasa hawa dingin yang menyengat. Bandara Albany kecil dan sangat bersih dan arsitektur menurut saya unik dan menarik. Setelah menyelesaikan administrasi sewa mobil akhirnya kami berkendara menuju hotel kami di Schenectady.

Albany Airport
Courtyard Marriott Schenectady
Hotel ini cukup nyaman, dan yang paling saya sukai adalah sarapannya punya menu yang familiar dengan perut saya yaitu White Egg Fritata (putih telur goreng ditaburi irisan tomat dan alpukat). Saking doyannya sampai-sampai waitressnya pasti tahu kalau sarapan saya pesan Fritata lagi. Hal lain yang saya sukai adalah adanya fasilitas mesin cuci dan pengering yang pakai koin. Untuk mencuci seharga 125 cent dan mengeringkan 125 cent juga dan sabun cuci disediakan gratis oleh hotel. Horeee.....akhirnya saya mencuci semua pakaian kotor yang dipakai di Los Angeles.

Courtyard Marriott Schenectady
White Egg Fritata
GE Power factory
Setelah mengurus visitor card, kamipun masuk ke pabrik dan bertemu dengan Mr.Kevin Jansen manajer workshop.
Visitor card

Pertama kami diajak untuk factory tour untuk dijelaskan bagaimana proses pembuatan generator. Setelah tour kami diarahkan menuju ruang kontrol untuk melihat rotor speed balancing test. Untuk rotor final balancing dijadwalkan pada shift malam dan kamipun akhirnya menunggu di hotel. Sekitar jam 8 malam kamipun bergegas dari hotel menuju GE factory dan dijemput kevin di gerbang pabrik , kamipun langsung menuju workshop dan parkir dekat ruang kontrol bunker tempat rotor balancing test dilaksanakan. Setelah  satu jam berlalu test pun selesai dan hasilnya memuaskan. Setelah tandatangan dokumen kamipun  menuju hotel dengan rasa kantuk yang teramat sangat.

Keesokan hari adalah electrical test yang dijadwalkan jam 3 sore. Setelah review electrical test dan menyaksikan langsung Hipot Test dan hasilnya memenuhi syarat, kamipun diijinkan untuk berfoto di depan rotor generator yang akan dikirim ke Indonesia.

Pabrik generator GE

Union College & Nott Memorial
Berkunjung ke Union College dilakukan secara tidak sengaja, karena dari google trip app tempat yang bagus untuk dikunjungi di Schenectady adalah Nott Memorial. Ternyata setelah ditelusuri dengan GPS Nott Memorial ada di dalam kampus Union College... yah jadilah kami turis masuk kampus, orang pada sibuk kuliah kami malah foto-foto di tengah kampus.


Nott Memorial
Nott Memorial merupakan monumen bersisi 16 yang dibangun untuk mengenang presiden Union College (1804-1866), Eliphalet Nott. Dibangun pada tahun 1858-1879 oleh cucu Eliphalet Nott yaitu Edward Tuckerman Potter, dan dinyatakan sebagai National Historic Landmark oleh pemerintah US. Bangunannya sediri terletak di lapangan di tengah-tengah kampus Union College, Schenectady.

Taman depan kampus Union College
Di bagian depan kampus terdapat taman yang tertutup oleh salju dan tak ada seorangpun yang datang kesana. Kamipun turun berjalan diatas salju untuk sekedar foto-foto. Pengalaman jalan diatas salju menyenangkan juga ya.., berasa berjalan diastas pasir saja, tapi licin dan basah.

Maple Ski Ridge
Setelah checkout dari hotel Courtyard, kami bergegas menuju New York dengan singgah dulu di tempat orang main ski karena rasa penasaran saja. Untuk masuk ke dalam lapangan pengunjung dikenakan charge 25USD untuk 4 jam. Saya tidak main ski karena tidak bisa, hanya menyewa peralatan ski untuk  foto foto...hahah. Sayang sepatu yang kami sewa ternyata tidak ada yang muat dikaki saya....(salah tulis ukuran saat pesan) jadinya hanya saya yang tidak berfoto menggunakan kostum ski lengkap. 
Maple Ski Ridge

Meski tidak mencoba main ski tapi saya menikmati sekali suasana di tempat ini, melihat bukit yang tertutup salju, para pemain ski yang naik kereta gantung untuk ke atas bukit, dan rumah yang dijadikan gudang peralatan ski yang tertutup salju, semuanya putih tertutup salju  meskipun sebenarnya matahari bersinar cukup terik.
Maple Ski Ridge
Woodbury Outlets
Woodburry sendiri terletak di Central Valley, lebih dekat ke New York City sebenarnya. Bagi yang hobi shopping dan punya banyak uang maka tempat ini adalah surga. Semua produk fashion yang branded semuanya harga diskon. Sangat jauh perbedaan harganya dengan kita beli di outlet di Indonesia. Bayangkan dompet Fossil untuk ibu-ibu yang seharga 1 juta rupiah (setelah dikurskan) bisa didapat disini dengan harga sekitar 600 ribu rupiah. Berhubung saya turis kere maka saya hanya jalan-jalan saja sambil berlalu....hikksss. hhmmm Ada juga sih saya beli kotak pensil anak-anak di disney store, topi dan parfum untuk oleh-oleh.

Woodbury Outlet



No comments:

Post a Comment