Bli Tudik : "Paintshop Pro X9" Software Murah Untuk Fotografer

19 March 2017

"Paintshop Pro X9" Software Murah Untuk Fotografer

Memiliki Software yang license bagi seorang fotografer itu menurut saya cukup penting. Terkadang bagi sebagian orang cuek-cuek saja untuk menggunakan software versi bajakan, namun ketika hasil foto mereka dibajak orang lain, para pengguna software bajakan ini juga bisa komplain, memaki-maki bahkan menuntut orang yang menggunakan foto hasil karya mereka tanpa izin. Nah lhoo.....

Corel Paintshop Pro X9


Ada kata bijak dari seorang sahabat, jika anda tidak suka karya anda dibajak dan digunakan tanpa seizin anda maka jangan juga menggunakan tools hasil bajakan. Hilangkan pola pikir menganggap biasa menggunakan software bajakan, menganggap software itu hal yang sangat sepele padahal dibalik software tersebut ada buah pikiran, hak cipta atau hasil karya dari orang lain yang harus kita hargai.

Memang masalah harga adalah faktor utama para pengguna software bajakan. Bagi yang menggantungkan hidup dari fotografi membeli software standard (adobe photoshop, lightroom dll) terasa cukup berat, bahkan versi terbaru yaitu versi cloud yang berbayar secara bulanan atau tahunan dengan beaya untuk subscription 1 tahun sekitar 6,3 juta rupiah terasa sangat memberatkan. Namun dengan harga 1 jutaan kita pun bisa mendapatkan software Paintshop Pro X9 dengan kemampuan yang hampir sama dengan software seri adobe dan ditambah keuntungan bahwa  Paintshop pro X9 tidak ada batas masa pakai. Saya pun mengganti Paintshop Pro X4 saya ke Paintshop  Pro X9 hanya karena file raw dari canon 700D tidak terbaca di Paintshop Pro X4.

Berikut fasilitas standar yang sering saya pakai di Painshop Pro X9.

File Management
Fitur standar yang hamper ada di semua software pengolah gambar. Window bias kita bagi menjadi folder explorer, small preview, large preview termasuk data exif dari foto dalam satu window.


File Raw Editing
Saya selalu menggunakan file RAW dalam memotret. Setelah kita jeprat-jepret tentu saja kita ingin melakukan editing, nah dengan PP kita bisa mengajust file raw tersebut sebelum melakukan editing. Merubah white balance dengan menggeser temperature ataupun menaik/turunkan exposure.


Image Editing
Untuk editing, fitur dalam paintshop pro sangat mirip dengan photoshop. Bagi yang terbiasa dengan photoshop jika menggunakan Paintshop pro rasanya tidak ada bedanya. Adjust brightness, color balance, color swap (misalkan untuk edit foto infrared), masking dll rasanya hamper tidak jauh berbeda dengan Photoshop.



High Dynamic Range (HDR)
Menggabungkan gambar dengan exposure berbeda sangat mudah sekali di Paintshop Pro. Dengan 3,4 atau 5 file exposure berbeda cukup mudah dan cepat.

HDR dengan Paintshop Pro
Bagi saya yang menganggap editing software terhadap sebuah foto tidak perlu dilakukan secara radikal, dan software ini cukup lengkap dan harganya sangat murah.  Untuk detail pembahasan fitur-fitur dalam Paintshop Pro akan saya bahas dalam artikel berikutnya.

No comments:

Post a Comment