Bli Tudik : Tari Tradisional Kreasi

18 October 2016

Tari Tradisional Kreasi

Perkembangan seni tradisional seiring dengan melesatnya pertumbuhan dunia pariwisata. Dunia riset terutama jika sejalan dengan dunia industrinya maka riset akan berkembang sangat pesat. Memang dalam industri pariwisata yang menjadi daya tarik Indonesia adalah budaya, tentu saja selain keunggulan utama kita yaitu pemandangan alam yang eksotik. Siapa yang tidak mengenal keindahan pantai di Bali? atau terumbu karang yang indah di Bunaken? Beragamnya  kebudayaan lokal adalah magnet bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Indonesia.
Tarian Rampak kendang

Pada jaman dahulu menjadi seorang pekerja seni sangat identik dengan pengabdian yang tulus untuk melestarikan budaya warisan nenek moyang. Penghargaan terhadap pekerja seni secara materi masih sangat kurang. Kenapa materi? karena inilah hal yang paling lumrah alasan seseorang untuk menekuni sebuah profesi. Menghidupi keluarga dari bekerja di bidang seni bukanlah suatu pilihan yang menarik, seni adalah kegiatan sampingan karena hobi ataupun tanggung jawab kepada leluhur.
 
Komposisi, gerakan lincah dan kostum yang unik lengan kiri dan kanan tidak sama

Dengan berkembangnya industri pariwisata dibutuhkan pula tenaga-tenaga yang menjadi penunjangnya. Dahulu Sekolah Karawitan (kokar) laksana hidup segan mati tak mau, Sekolah Tinggi Seni pun bukan pilihan pertama bagi anak muda lulusan SMU. Tapi kita bisa lihat sekarang peminat belajar di SMK karawitan  ataupun Sekolah Tinggi Seni sudah semakin banyak.

Sarung tangan merah menjadi pemanis kostum penari tanpa meninggalkan pakem kostum tradisional
Perkembangan dunia digital juga menjadi pendorong kuat perkembangan bidang seni ini. Unggahan video seni tradisional di youtube menjadi salah satu pengundang wisatawan untuk datang ke daerah tertentu. Promosi pariwisata baik secara digital ataupun konvensional yang merupakan program utama dari pemerintah kita sekarang turut menjadi penyokong utama tumbuhnya dunia pariwisata. Rata -rata industri ini bertumbuh sekitar angka 11 % per tahun.

Sinden, menyanyikan alunan lagu khas sunda

Riset dan kreatifitas dari insan akademisi di Sekolah Tinggi Seni pun semakin berkembang. Salah satunya adalah munculnya tari kreatifitas yang merupakan perkembangan dari tari-tari tradisional klasik. Banyak sekali muncul tarian yang jaman saya kecil dulu belum ada, muncul dan menjadi terkenal dan digemari masyarakat sekarang. Hal ini merupakan sumbangan berharga bagi pengayaan budaya daerah.

Tarian Rampak Gendang, ditarikan oleh beberapa orang wanita yang sangat piawai dalam bermain rampak gendang

Hal penting yang sangat kita inginkan dari perkembangan tari ini adalah menjaga esensi dari seni tradisional itu sendiri yaitu cermin dari kearifan lokal bangsa Indonesia yang bernilai luhur dan menghindari seni dieksploitasi berlebihan dalam industri pariwisata.

Penabuh gamelan
Beberapa waktu yang lalu saya sempat menonton pentas tari di anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah untuk mengobati rasa keingin tahuan akan budaya Sunda. Memang hanya sedikit yang saya tahu tentang tarian Sunda, paling hanya tari jaipong, wayang atau tari topeng. Ternyata banyak sekali tarian sunda yang merupakan pengembangan dari pakem tari klasiknya. Hal ini sangat luar biasa, bagaimana koreografi sangat tertata, kostum penari yang unik, menarik dan penari yang sangat menjiwai tariannya.



Satu yang saya agak terlewatkan adalah nama tari dari foto yang saya ambil, mungkin karena nama tarinya dalam bahasa sunda saya tidak dapat menghapalnya dan celakanya saat itu pembawa acaranya pun memakai bahasa sunda. Bener-bener Roaming, Jadinya yang dapat saya ingat hanya tari rampak kendang saja. Mungkin rekan-rekan ada yang tahu nama tarinya bisa memberikan komentar.

Sinden Sunda
Kalau lagu daerah jawa barat saya sangat menyukai alunan nadanya, sangat khas, lembut dan terkesan agak melo...pokoknya sangat suka..apalagi yang nyanyi sindennya geulis seperti yang diatas. Ah...
Salam penutup tarian Rampak Kendang
Memang saat pertunjukan tersebut sebagian penarinya merupakan siswa SMK karawitan Bandung, jadi sangat berkualitas baik gerakan, kostum dan penjiwaannya. Saya sangat salut kepada mereka yang menyukai dan mempelajari seni tari dan karawitan secara serius dan saya berdoa semoga dari melestarikan seni tari tradisional ini mereka mendapat penghargaan yang layak.

No comments:

Post a Comment