Bli Tudik : Freeze The Water Splash

21 January 2015

Freeze The Water Splash

Memotret dengan kecepatan shutter tinggi memungkinkan kita menghentikan gerakan suatu objek. Percikan air yang di freeze dapat menghasilkan foto yang indah. kali ini saya mencoba memotret percikan air dalam gelas yang umum disebut Splash Photography.

Splash Photography

Untuk menghasilkan foto splash diperlukan beberapa hal yaitu kamera dengan shutter release cable  Table top putih susu untuk background putih. Karena saya tidak punya table top yang bagus (pada tekukan sangat menyudut) maka ada garis hitam distorsi pencahayaan. Maklumlah modalnya juga cekak.  Gunakan flash external dengan softbox yang diletakkan di belakang table top dan flash dipicu dengan wireless trigger.



Dua strawberry dan air pun berantakan
Gunakan tripod untuk menyangga kamera. Atur jarak kamera sekitar 1 meter (trial dan error)  di depan table top (jika menggunakan lensa fix 50mm/f1.8) dan setting kamera sesuai keperluan. Mode Manual dengan shutter speed diatas 1/125s dan bukaan lensa diatas f5.6 saya kira sudah cukup dan jangan lupa flash external diatur kekuatannya. Lakukan proses trial and error, periksa histogram dan coba lagi jika dirasa belum bagus pencahayaannya. Proses ini sangat penting untuk mendapatkan foto yang tajam, detailnya dapat, dan pencahayaan yang cukup.

Yang ini strawberry kecil untuk splash unik
Pemotretan dilakukan dengan tangan kanan memegang benda yang ingin dijatuhkan, dalam hal ini buah strawberry dan tangan kiri memegang shutter remote release. Jatuhkan buah strawberry ke dalam gelas dan shutter dipencet ketika ada percikan air. Sangat mudah dan sangat menyenangkan. Jangan lupa siapkan lap untuk membersihkan table top nya.

Gunakan strawberry besar agar percikan besar
Bentuk percikan air yang ditimbulkan oleh strawberry sangat unik bukan? Cobalah berulang-ulang untuk mendapat bentuk unik yang berbeda.

Splash with shadow
Pemotretan percikan air saya belum terlalu bagus, garis keras gradasi pencahayaan akibat table top yang kurang bagus menjadi masalah utama. Nanti akan saya upload jika sudah ada table top yang bagus.

Salam Splash......

No comments:

Post a Comment